RE: [Diskusi HRD Forum] Interview

Dear Nanda

Mungkin saya bisa memberikan sedikit sharing pengalaman.

1. Banyak hal yang membuat kandidat tidak datang ketika kita panggil untuk psikotest ataupun wawancara. Jadwal pemanggilan yang terlalu mepet, kepentingan mendadak (urusan keluarga), mengikuti seleksi dari perusahaan lain, sampai pada ketidakseriusan dari kandidat tersebut (hal ini sering terjadi bahkan ketika kandidat tersebut sudah menyanggupi untuk hadir dalam sesi psikotest).

2. Biasanya saya melakukannya tergantung pada situasi dan kondisi. Kalau kandidat tersebut dengan “sadar” melamar pekerjaan maka biasanya kita cukup sms atau telp untuk mengundang kandidat tsb. Namun kalau kita mengambil dari database di kampus atau di internet maka kita perlu menjelaskan terlebih dahulu perusahaan yang akan mempekerjakannya serta dari mana kita mendapatkan database kandidat tsb. Alamat tempat test atau wawancara juga perlu diperjelas. Waktu pemanggilan biasanya sesuai dengan jam kerja atau paling malam jam 8. kami biasanya memanggil kandidat 2-3 hari sebelumnya.

3. Tidak ada patokan yang pasti seberapa sering perusahaan harus iklan lowongan di internet. biasanya kami menggabungkan metode iklan via kampus, koran, internet (web site), mailing list, atau contact dengan rekan2 yang memiliki teman atau informasi tentang kebutuhan kita tsb (disesuaikan dengan budget atau kebutuhan posisi yang diinginkan). Sebagai gambaran jika posisi yang dibuka untuk fresh graduate mungkin kita bisa pakai media kampus (murah meriah euy). Kalo pengalaman yang dibutuhkan cukup banyak mungkin pakai referensi rekan atau dipasang di koran dan internet. tergantung kebutuhan perusahaan. biasanya perusahaan punya scedhule di bulan apa saja mau buka rekrutmen. kecuali kebutuhan mendadak (resign).

4.  Tergantung kebijakan perusahaan, kalau kami biasanya bagi yang ketika kami telp sudah menyanggupi untuk datang namun akhirnya tidak datang tanpa konfirmasi biasanya akan kami berikan catatan khusus (black list), tapi bukan dalam rangka sakit hati lho hehehe…lebih karena etika kesopanan dan kepatutan.

Kalau Nanda ingin jumlah kandidat yang hadir 30 orang, logikanya anda harus memanggil sekitar 40 – 50 orang (dilebihkan). karena sulit mengharapkan mereka datang sesuai dengan jumlah yang kita panggil. Bahkan saya pernah diminta bantuan untuk rekrutmen dan seleksi dengan memanggil 160 orang sedangkan yang datang 99 orang. agak ngeri juga ya. tergantung nama besar perusahaan tesebut juga. Culture atau kebiasaan job seeker di daerah yang satu juga mungkin berbeda dengan daerah yang lain. mohon hal tersebut dipahami.

Best Regards
Seto

— On Tue, 9/2/08, Binti M <hrd@mitrindo.com> wrote:

From: Binti M <hrd@mitrindo.com>
Subject: RE: [Diskusi HRD Forum] Interview
To: Diskusi-HRD@yahoogroups.com
Date: Tuesday, September 2, 2008, 9:27 PM

Dear Nanda,

 

1.       Hal tersebut sering terjadi karena mungkin kandidat domisilinya jauh, jadwal  interview terlalu dekat, dan perusahaan tidak diminati, atau bisa juga kita mengundang mereka tidak sesuai dengan posisi awal yang mereka ajukan. Misalnya mereka melamar staff HRD ternyata kita panggil untuk posisi staff Marketing/sales.

2.       Sebenarnya saya juga tidak mengetahui secara pasti mengenai etika yang benar dalam mengundang applicant, namun dalam hal ini saya pribadi biasanya mengundang applicant pada saat jam kerja, waktu interview yang tidak ketat waktunya (misalnya 4 hari sebelum interview sudah kita contact/via sms juga bisa), memberitahu alamat dengan benar dan jelas, serta no contact person jika ada reschedule, serta saya juga langsung menanyakan apakah mereka ada yang kurang jelas atau apa ada yang ditanyakan? Saya juga langsung konfirmasi apakah mereka bisa datang?

3.       Biasanya suatu perusahaan punya schedule tersendiri mengenai demand karyawan, jika ada penambahan personil. kecuali perusahaan tersebut banyak/sering karyawannya yang resign, otomatis perusahaan tersebut membuka lowongan kerja.

4.       Untuk applicant yang tidak datang tanpa konfirmasi, biasanya saya langsung menginform atasan apakah mereka perlu untuk dihubungi kembali. Dan untuk yang reschedule, biasanya tergantung dari “Seberapa OK” kandidat tersebut, jika memang patut untuk diberikan kesempatan kedua, maka mereka bisa dipanggil ulang.

5.       Ada tanggapan lain?

 

From: Diskusi-HRD@ yahoogroups. com [mailto:Diskusi- HRD@yahoogroups. com] On Behalf Of hermina ananda
Sent: 03 September 2008 9:44
To: Diskusi-HRD@ yahoogroups. com
Subject: [Diskusi HRD Forum] Interview

 

Hai semua mohon saran dan bantuannya :

 

Perusahaan kami menggunakan recruitment online untuk mencari calon pegawai baru. Setelah data masuk dan dipilih kandidat2 yang sesuai, kami menghubungi kandidat tersebut untuk interview.  Tetapi pada hari H banyak kandidat yang tidak datang, ada beberapa yang mengkonfirmasi tidak bisa datang karena ada keperluan dan minta direschedule ulang, tetapi banyak juga yang tidak memberi kabar sama sekali. 

Pertanyaan saya adalah :

 

1 Kenapa hal diatas sering terjadi ?

2. Bagaimana etika mengundang applicant yang benar ?

3. Normalnya seberapa sering suatu perusahaan dapat memasang iklan lowongan melalui media online ? Karena sistem dimana saya bekerja adalah kita akan search new applicant disaat kita membutuhkan tanpa ada job analysis dulu.

4. Untuk applicant yang tidak datang tanpa konfirmasi, bisakah diberi kesempatan lagi ?

 

Mohon bantuannya ya …. thanks a lot …

 

 

Regards,

 

Nanda

 

 


Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail. com.

__._,_.___

Ikuti Workshop HRD Forum
"Honesty and Integrity Pre-Employment Tests"
9 September 2008 – Get Early Bird Only Rp 2.000.000,-
——————————–
Agenda Training HRD Forum
http://www.traininghrd.co.cc/
http://www.hrdforum.co.cc/
http://www.agenda.HRD-Forum.com/
——————————–
Diskusi-HRD@yahoogroups.com
Komunitas HRD Terbesar di Indonesia
YM : hrdforum
———————————–
Penting buat Praktisi HRD !!
http://hr-expert.blogspot.com/
http://management-hr.blogspot.com/
http://kpi-owner.blogspot.com/
http://compensations.blogspot.com/
http://recruitmentskill.blogspot.com/
———————————–
Service : Training/Seminar/Workshop baik InHouse maupun Public, Konsultasi, Recruitment & Selection khusus untuk posisi HRD, Assessment, Outdoor Activity Programs, Dll yang masih berhubungan dengan bidang tugas HRD.
————————————
Jika Anda belum bergabung kirimkan email ke :
Diskusi-HRD-subscribe@yahoogroups.com
———————
Dicari Freelance Trainer !
Anda mempunyai keahlian & pengalaman mengajar di bidang HR ?
Kirim CV anda ke ; HRD.Forum@gmail.com
Subject : Freelance Trainer
———————
bagi yang ingin Contoh-contoh KPI
http://kpi-owner.blogspot.com/
http://free-toefl-test.blogspot.com/
http://management-hr.blogspot.com/
———————
Pasang Iklan Bisnis Anda di :
http://www.SentraBisnis.com/
Sentra Bisnis Iklan Baris Indonesia

Recent Activity

Visit Your Group

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Yahoo! Groups

Familyographer Zone

Join a group and

share your pictures.

Yahoo! Groups

Join a program

to help you find

balance in your life.

.


__,_._,___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: