{HRD Club} Sabar….,untung atau rugi..?



Selamat sore rekans ysc…,
 
kebetulan ada pengalaman di bawah yg cukup menarik menurut saya yg bisa kita jadikan pelajaran hidup kita,
pengalaman ini pasti sangat sangat sering kita jumpai setiap harinya, tak terkecuali saya dimana saya ini orangnya agak tempramen, pasti sulit menata hati di tengah jalanan medan ini yang….ck.ck..ck…sampai tak terlukiskan ‘indahnya’, nek jarene wong jowo iku…”ngelus dodo rek…ndelok dalanan semmrawut koyok ngene”.
 
SABAR..,bisa untung atau malah rugi jika kita terapkan di medan ini..? nahlo…🙂
 
sebelumnya dengan rasa hormat bukan bermaksud menjelekkan riders medan, hanya ingin berbagi dan belajar, karena saya hanyalah murid, dan bapak-ibu,dan mereka di jalanan itulah guru hati saya.
Ada 1 pengalaman kecil saya dengan riders medan, jalur Gatot Subroto sampai Balai kota sudah makanan wajib saya dan istri setiap paginya, di suatu pagi yg cerah dengan membawa semangat untuk seharian ini bekerja dengan ‘nikmat’, dalam perjalanan tiba2 saja ada pengendara kereta yg mendahului mobil yg berlawanan arus dengan saya dan di waktu yg sama Ferio butut saya juga berpas-pasan dengan mobil tsb, bisa dibayangkan berapa sih sisa space antara Ferio saya dan mobil tsb…,eh…lah dhalah koq ya si kereta itu tetap saja memaksa masuk dan……….brakkk…diselingi back-sound istri saya tercinta berteriak kecil terkaget-kaget…susah-lah aku kalau rider nekat itu terjatuh,meskipun bukan 100% kesalahan pada ku.
 
saya melambatkan Ferio saya, dan tengok dari spion kanan…eh si rider hanya goyah sebentar dan melanjutkan perjalanannya dengan mulus….ck..ck..ck…hebat kali lah rider itu,cewe’ pula…ck..ck…ck….
akhirnya tiba juga di kantor, tapi sayang pagi yg cerah jadi pagi yg terasa panas sekali dan semangat bekerja sudah menjadi semangat berperang karena kesal….,spion lecet menghitam pula’….nasib…nasib….
 
beberapa hari kemudian……,”mas tadi sudah telepon bengkel sehat, katanya kalau men-cat spion satunya 175rb” begitu suara lembut istri saya yg keluar dari telepon saya….walaaaah cost lagi lah ini…🙂
 
Kalau saya renungkan dan dihitung2 dengan probabilitas2 serta teori risk-management, seharusnya saya bisa menghindari ‘kejadian’ tsb. cobalah saya melambatkan Ferio saya atau malah berhenti sebentar memberi kesempatan pada rider nekat itu, pastilah saya tidak rugi spion🙂
 
jadi…….bisakah mulai dari diri saya sendiri belajar dan menerapkan SABAR…..,saya harus bisa!
 
akhirnya saya harus pulang,semoga di jalan orang sudah mulai belajar SABAR dan mereka tiba di rumah dengan senyum dan ketenangan untuk keluarganya di rumah….amiiien
 
 
 
 
On 9/3/08, Perdanawan P. Pane wrote:

Ugh, siang….panas…terik…dahaga….sedang puasa….dan….pintu mobil saya ditabrak Bajaj….

Argh….apalagi ini?! Cukup banyak goda’an di jalan, liat orang-orang seliweran tidak puasa, ada yang nge’rokok dan ada yang minum-minum… ah, tak apalah, ini urusan Manusia dan Tuhannya…

Tapi Pintu mobil’ku di hantam oleh pintu Bajaj?! Oh jelas urusan si supir Bajaj dengan saya…. Apa boleh buat, setelah pintu Bajaj yang nyangkut terlepas dari mobil saya, maka turun dari mobil adalah sebuah kewajiban, cek punya cek terlebih dahulu sebelum ambil sikap….

Wah, bisa macet nih jalanan, okelah, saya minta saja surat-surat si bapak tua itu… maju sedikit, mencari tempat yang lebih sepi agar tidak menggangu penggunan jalan yang lain…

Uh, bila bukan bulan puasa saya pasti marah2 ndak karuan… namun alhamdulillah, belakangan ini sebelum bulan puasa mulai dapat mengontrol emosi….

Sepanjang akan menepi, saya perhatikan si supir Bajaj tersebut… seorang bapak tua, hitam kelam, keringatan di dalam ruang kemudi Bajaj…. Saya perhatikan dari kaca tengah, “wah, kenapa saya musti kepikiran mau nuntut ganti cat ya?” emangnya kalo saya nuntut kaya gitu dia bisa ganti?

Kalo pun bisa ganti, berapa bulan dia musti recovery keuangannya? Minimal 500rb untuk pintu saya mulus lagi… wow… saya pikir2, kok saya tega ya berfikir kaya gitu? Ego’kah ini?

Pintu saya hanyalah sebuah pintu kawan. Akhirnya, setenang mungkin setelah berhenti saya turun mobil, senyam senyum dengan si pak tua… eh, mukanya pucat ngga karuan… saya tanya, “puasa beh (babeh)?”. Dia jawab sambil gemetar, “InsyaAllah, kalo kuat….”. hahahaha, masih aja dia mencoba untuk tidak kuat…

Akhirnya saya pilih ngobrol2 sama si pak tua, saya pinjem lap dia, sebagai bentuk (syarat) tanggung jawab dia saja kok, lha wong saya punya lap sendiri…. Saya bersihkan lecet di pintu, saya otak atik pakai compound saya, walhasil…kinclong lagi… penyoknya? Ya tetep…. Hehehehe….

Selesai ngobrol2, saya tanya, “beh, mana penumpang yang tadi? Kabur?”. Dia jawab, “iya”. Waduh, konyol amat yak si penumpang? Untunglah, masih ada rezeki nutup kerugian si pak tua… saya pikir2 mobil saya ngga rugi 2 amat kok, Cuma penyok dan lecet yang tak tuntas lawan compound…

Alhamdulillah, seketika itu juga, saat saya kembali masuk mobil, emosi negative itu menghilang begitu saja, tanpa bekas, tanpa sisa… saya malah lebih ikhlas menerima kedatangan VIOS saya…. Allah SWT pastilah punya seribu satu cara mengabulkan keinginan umat’nya… saya kali ini hanya di uji, bahwa mobil hanyalah materi semata, bila Allah kehendaki lecet, ya lecet plus penyok.. mau hati-hati kaya apa juga…hahahaha…

Sebuah pembelajaran di bulan yang Indah… selamat menunggu waktu berbuka sahabatku…

***************************************** Flexi-Gratis bicara sepanjang waktu se-Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.  Speedy-Gratis Internetan unlimited dari Pkl. 20.00 s/d 8.00 se- Jabodetabek, Banten, Karawang dan Purwakarta *****************************************

__._,_.___

Milis Manager HRD, Consultant HRD dan Direktur HRD Medan – Sumatera Utara

Recent Activity

Visit Your Group

Yahoo! Finance

It’s Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

Y! Groups blog

the best source

for the latest

scoop on Groups.

.


__,_._,___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: