RE: [HRM-Club] Bls: Validitas KPI

Berbobot dan berkualitas jawaban dari Pak Iman😀

 

Regards,

Heru Kautsar

Human Capital

0818 090 5959 2

X-TRA SPACE : eXperiencing, Training, Supporting with Pace

From: HRM-Club@yahoogroups.com [mailto:HRM-Club@yahoogroups.com] On Behalf Of HRD GA
Sent: Tuesday, September 09, 2008 4:39 PM
To: iman@imcp.co.id
Subject: [HRM-Club] Bls: Validitas KPI

 

Wah boleh juga tuh, pak iman bagi dong ilmunya tentang validitas ini.

 

lanjut ya pak jangan berhenti sampai ditataran wacana saja.

 

Ismail

 

— Pada Sel, 9/9/08, Iman <iman@imcp.co.id> menulis:

Sobat HOS,

 

Di milis sahabat kita,  HRM Club dibahas tentang bagaimana mengukur validitas KPI yang ditanyakan oleh Mas Indra Edan. Kasihan tuh orang, orang gila pengin sembuh tapi yang ini pengin edan, hehehe… Nah kita bantu jawab ya disini..

 

Sobat, disana jawabannya macem-2 (bagus, di satu sisi itu menandakan semangat belajar yang tinggi). Ada yang jawab, "ndak tau ya..saya khan belum belajar jadi yang penting dibuat dulu".  Ada juga yang jawab "ya ikut saja training KPI dulu, ntar minta instrukturnya untuk menjawab". Salah sorang teman konsultan dalam milis partner kita itu menulis "cara yang paling banyak digunakan untuk mengukur validitas KPI adalah dengan SMART", lalu beliau menambahkan kalau KPI tidak valid bila banyak target yang meleset.  Jadi yang dipakai untuk mengukur validitasnya adalah pencapaian target, demikian kesimpulan beliau.

 

Sobat, ternyata istilah yang demikian familiar yaitu KPI toh masih banyak yang belum paham arti sebenarnya dari KPI, bahkan teman konsultan tersebut-pun masih belum memberikan jawaban yang benar. Karena itu, apapun pendekatannya, marilah kembali pada konsep dasar pemahaman dari KPI (sebagaimana yang ditulis Mas Vero). Berbagai pendekatan adalah kembangan dan merupakan cara untuk meng-integrasi saja,  yang sebenarnya didalam praktek adalah cara untuk mengefisienkan eksekusi 2 atau lebih system dalam satu tempat (perusahaan) .

Kembali pada KPI, sobat HOS, saya hanya mengulang saja bahwa sebelum membahas validitas terlebih dahulu kita harus "clear" dengan terminology ini. KPI is measurement tools. KPI adalah alat untuk mengukur. Sebagai alat ukur, sama dengan alat ukur yang lain (nih mbak Itje pasti sudah ngelontok-tolong dibantu lebih detail dong) pasti akan dipertanyakan 2 hal, yaitu validitas dan reabilitas-nya. Validitas berarti apakah alat ukur tersebut benar fungsinya untuk mengukur obyek yang hendak diukur ? Contohnya untuk mengukur berat badan, maka pakailah timbangan badan, jangan pakai thermometer. Bagaimana reabilitas ? Reabilitas berkaitan dengan konsistensi dari alat ukur. Dengan berat badan yang sama, sekitar 70 kg saya menimbang kemarin, besok,  atau lusa-pun timbangan tersebut tetap sekitar 70 kg, tapi bila sampai kemarin lusa 65 kg, kemarin 75 kg dan hari ini 70 kg bisa dipastikan timbangan tsb tidak realibel.

 

Jadi sekarang bagaimana untuk mengukur validitas KPI ? Ya harus "ngeh" dulu apa yang diukur ? Apa yang diukur oleh KPI ? Jelas Objectives dari organisasi. Nah, tinggal di uji saja, apakah suatu KPI "benar" dipakai untuk mengukur  suatu  "objectives" dari corporate ? Bila benar, berarti KPI valid. Lho lalu apa hubungannya dengan target untuk uji validitas ? Tidak ada ! Target tdk dipakai untuk menguji validitas, tetapi target dipakai untuk memantau proses pencapaian. memang erat hubungan KPI dan Target, tetapi KPI bukanlah target dan target tidak dapat dipakai untuk mengukur validitas KPI !

 

Nah silahkan meramaikan, menambahkan  dan semoga juga membantu sobat yang belum paham tentang terminology objective, kpi, target, dan inisiatif atau action plan.

 

Salam,

Iman

 


Nama baru untuk Anda!
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail.
Cepat sebelum diambil orang lain!

__._,_.___

—- Ingin Join Kirim Email ke: HRM-Club-subscribe@yahoogroups.com —-
                LOW PRICE & HIGH QUALITY
Berusaha mempercepat proses mencerdaskan bangsa terutama praktisi HR

Tahun 2008-2011 HRM bekerjasama dgn InWent Jerman menyelenggarakan program-program sertifikasi internasional secara gratis tidak dipungut biaya (biaya ditanggung sepenuhnya oleh InWent-Jerman)

InWent adalah Lembaga resmi di Jerman yang ditunjuk Pemerintah Jerman untuk mengembangkan SDM di Negara-negara berkembang, silahkan buka: http://www.InWent.org atau alumni InWent: http://www.gc21.de

Alumni program sertifikasi ini berhak mengikuti program-program pendidikan gratis di Jerman baik sifatnya kursus maupun pendidikan S2/S3.

Program-program HRM Club:
1. Training:
   Public House – Harga antara Rp 150.000,- – Rp 950.000,- per hari
   Inhouse – Harga member
2. Konsultasi – Harga Member
3. Recruitment service / search executive – Harga Member

Bila anda mempunyai kemampuan dalam bidang training & konsultasi HR, mempunyai jiwa pengabdian & tidak terlalu komersial, dan ingin bergabung dengan Team HRM Club.
silahkan kirim CV anda ke: teamhrmclub@yahoo.com
subject: Bergabung dengan tim HRM Club
Sebutkan bidang keahlian anda

Iffah
Pengelola
Di dukung para konsultan dan freelance trainer bidang SDM yang sudah mumpuni.

Bila email yahoo anda bouncing yakni tdk bisa menerima email lagi, silahkan kunjungi alamat berikut:
http://groups.yahoo.com/unbounce

Bila ternyata belum berhasil juga, hubungi pengelola di:
HRM-Club-owner@yahoogroups.com

Recent Activity

Visit Your Group

Yahoo! Finance

It’s Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

.


__,_._,___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: